manajemen

Para Pemangku Kepentingan yang Terhormat,

PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (“WHW”) hadir di tanah air sejalan dengan kemajuan Indonesia yang mengamanatkan konsep hilirisasi bahwa setiap bijih mineral wajib dilakukan proses pengolahan dan pemurniannya di dalam negeri agar memberikan nilai tambah yang berharga bagi rakyat Indonesia. Amanat tersebut tertuang dalam Undang-Undang No. 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara sebagaimana telah diubah dengan Undang- Undang nomor 3 tahun 2020 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Dengan amanat UU tersebut, WHW menjadi bukti nyata konsep hilirisasi yang pertama sebagai perusahaan smelter di Indonesia. Kami melaksanakan pengolahan dan pemurnian bauksit menjadi alumina (SGA/ Smelter Grade Alumina) dengan kadar >98.6%. Sejak mulai beroperasi Juni 2016, WHW mampu mempertahankan kapasitas produksi 1 juta ton SGA per tahun. Dengan kapasitas tersebut, WHW menjadi perusahaan SGA terbesar di Asia Tenggara yang memasarkan alumina ke pasar domestik dan manca negara.

Hilirisasi mineral tidak hanya memberikan nilai tambah yang lebih bagi setiap mineral, tetapi juga berdampak pada ekonomi dan penyerapan tenaga kerja lokal. Mulai tahun 2018 hingga tahun 2020, WHW telah berkontribusi terhadap penerimaan negara sebesar Rp 702 miliar. Pencapaian tersebut diperoleh dari penyetoran PPh (Pajak Penghasilan) dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) selama periode tersebut

Keberadaan WHW memberikan dampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja yang tidak sedikit. Hingga Februari 2021, kami telah memberdayakan tenaga kerja lebih dari 3.000 orang, dimana 80% dari total karyawan berasal dari Kalimantan Barat. Kami memberdayakan tenaga kerja lokal tersebut dengan melakukan Program Transfer of Technology (“ToT”) yang dilaksanakan secara berkelanjutan dari tenaga ahli Tiongkok kepada pekerja Indonesia.

Program ToT merupakan strategi WHW untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kualitas dan kinerja tenaga kerja Indonesia, sehingga mampu mengoperasikan peralatan dan mesin smelter yang mengacu pada perkembangan dunia. Hal tersebut sejalan dengan konsep hilirisasi industri mineral yang akan dikerjakan sepenuhnya oleh tenaga kerja Indonesia.

Kami telah berkomitmen membangun dan memajukan Indonesia dengan menegakan praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas bangsa. Melalui aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility), kami juga melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan secara berkelanjutan pada berbagai bidang, yakni; pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kemandirian ekonomi, keagamaan, sosial budaya, kepemudaan, dan penguatan kelembagaan komunitas. Dengan kiprah CSR menjadi aksi wujud nyata WHW untuk kemajuan masyarakat sekitar yang lebih sejahtera.

Kami sangat optimis bahwa di masa mendatang, keberadaan WHW akan mampu berkontribusi lebih banyak lagi bagi pembangunan ekonomi dan masyarakat. Hal ini dikarenakan saat ini kami tengah membangun smelter tahap kedua dengan penambahan kapasitas produksi 1 juta ton, sehingga nanti akan mampu memproduksi SGA menjadi 2 juta ton per tahun. Total investasi untuk proyek ini lebih dari USD 1,3 miliar. Dengan kapasitas produksi semakin bertambah, maka WHW akan tumbuh dan berkembang lebih baik lagi bersama masyarakat Indonesia.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya yang telah memberikan kepercayaan dan bergotong royong bekerja bersama WHW, sehingga terlaksana beragam pencapaian dan pertumbuhan bisnis dengan baik. Kami berkomitmen untuk terus maju mencapai pertumbuhan bersama bagi masyarakat Indonesia.

Terima kasih



Zang Jinjun
Presiden Direktur